RPP MODEL CONNECTED (keterhubungan)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

RPP MODEL CONNECTED (keterhubungan)

Nama Sekolah           :          

Bidang Studi              :  IPA

Kelas / Semester        : VI / II

Alokasi Waktu             : 2 x 35

 

A.           Standar kompetensi :Memahami pentingnya penghematan energi

B.     Kompetensi dasar :

  • Mengidentifikasi kegunaan energi listrik dan berpartisipasi dalam penghematannya dalam kehidupan sehari-hari
  • Membuat suatu karya/model yang menggunakan energi listrik (bel listrik / alarm / model lampu lalu lintas / kapal terbang / mobil-mobilan / model penerangan rumah)     
C.   Tahap Perencanaan
  1. Tujuan Pembelajaran
  • Siswa dapat menyebutkan sumber energi.
  • Siswa dapat menyebutkan cara-cara menghemat energi.
  • Siswa dapat mengklarifikasi kreatif dalam penggunaan energi.
    2.  Rancangan Kegiatan
  • Guru menyuruh siswa menyebutkan sumber-sumber energi.
  • Guru menyuruh siswa menyebutkan cara-cara menghemat energi
  • Guru menyuruh siswa mengklarifikasi kreatif dalam penggunaan energi.
    3. Bagan Keterhubungan


Ket:      1. Energi

  1. Hemat energi
  2. Kreatif menggunakan energy
D.      Pokok Bahasan  :
  • Energi

Energi merupakan kemampuan untuk melakukan usaha.

Bentuk-bentuk energi :

Energi ada berbagai macam.Makanan yang dimakan memiliki energi kimia.Batu baterai mempunyai energi kimia, tetapi lampu senter menyala karena adanya energi listrik. Selain energi kimia dan energi listrik masih ada banyak jenis energi lainnya, antara lain energi bunyi, energi kalor, energi cahaya, energi pegas, energi nuklir, dan energi mekanik. Berikut ini akan kita pelajari bentuk-bentuk energi tersebut.

  • Energi Kimia
  • Energi listrik
  • Energi bunyi
  • Energi kalor (panas)
  • Energi cahaya
  • Energi pegas
  • Energi nuklir
  • Energi mekanik

 

  • Hemat Energi

Energi listrik masih mengandalkan minyak bumi dan batubara.Padahal, minyak bumi dan batubara merupakan sumber energi yang tidak dapat diperbarui. Artinya, akan habis jika diambil secara terus menerus. Dengan menghemat energi listrik, berarti minyak bumi dan batubara dapat dihemat.

  • Kreatif Menggunakan Energi.

Cara untuk menghemat energi :

ª      Menggunakan energi seperlunya

ª      Menggunakan lampu dengan daya rendah sesuai dengan kebutuhan

ª      Tidak terlalu sering menghidupkan dan mematikan alat listrik dengan daya tinggi, misalnya setrika.

ª      Tidak lupa mematikan lampu pada saat bangun pagi.

E.       Metode dan Model Pembelajaran :
  • Pendekatan : CTL
  • Metode :Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab, dan Penugasan.
  • Model : model CONNECTED (keterhubungan)
F.       Sumber  belajar :Buku SAINS SD Relevan Kelas VI
G.      Tahap Pelaksanaan.

1.  Pengelolaan kelas.

  • Siswa dibagi menjadi 3 (tiga kelompok)
  • Kelompok pertama membahas tentang sumber energi dan kelompok kedua membahas tentang menghemat energi
  • Kelompok ketiga membahas tentang / mengklarifikasi seberapa kretif manusia dalam menggunakan energi

2. Pelaksanaan.

  • Siswa dapat menyebutkan kegiatansehari-hari sesuai dengan penjelasan guru dan  siswa dapat mengenali  manfaat kegiatan tersebut.
  • Siswa menyebutkan dampak  yang terjadi akibat dari pemborosan energi.
  • Siswa dapat menjelaskan kreatif dalam penggunaan energi.
H.      Tahap Kulminasi.
  1. Evaluasi Proses

Ranah Kognitif

No.

Nama Siswa

Indikator

Menilai keaktifan siswa selama proses pembelajaran

Ketep  ketepatan mencontohkan/menjeniskan

Ketepatan menjawab pertanyaan

BS

B

C

K

BS

B

C

K

BS

B

C

K

                           

Ranah Psikomotor

No.

Nama Siswa

Indikator

Kesungguhan dalam mengikuti pelajaran

Sikap saat mendengarkan penjelasan

Sikap saat berdiskusi

BS

B

C

K

BS

B

C

K

BS

B

C

K

Keterangan :   BS : Baik Sekali          C : Cukup

B : Baik                       k : Kurang

2.  Evaluasi hasil

            Soal:

1        Coba sebutkan sumber-sumber energi yang ada di daerah tempat tinggal mu!

2        Sebutkan cara-cara menghemat energi?

3        Sebutkan dan jelaskanlah seberapa kreatif manusia dalam menggunakan energi dalam kegiatan sehari-hari!

Penilaian

No Soal

Skor

1

25

2

25

3

50

Total skor

100

LEMBAR KERJA SISWA

(LKS)

Nama anggota :

 

Kelompok :

Diskusikan dengan teman kelompok!

kelompok 1

  • sebutkan sumber-sumber energi yang ada di daerah tempat tinggal mu!

kelompok 2

  • Sebutkan cara-cara menghemat energi?

kelompok 3

  • jelaskanlah seberapa kreatif manusia dalam menggunakan energi dalam kegiatan sehari-hari!
Mengetahui :Kepala Sekolah

(                                           )

Makassar,Guru Mata Pelajaran

(                                          )

Nip :                                                                                                    Nip :

 


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s