RPP MODEL INTEGRATED (keterpaduan)

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

RPP MODEL INTEGRATED (keterpaduan)

 

Nama Sekolah          :

Tema                              : Tempat Parkir

Alokasi waktu          : 4 x 35 menit

Kelas/semester       : VI/II

 

 

  1. A.      Standar Kolpetensi :

Bahasa Indonesia :: Memahami teks dengan membaca intensif dan membaca sekilas

PPKN :Menampilkan nilai-nilai pancasila

Matematika :Melakukan operasi hitung bilangan bulat dalam pemecahan masalah

  1. B.       Kompetensi Dasar :

Bahasa Indonesia :Mendeskrifsikan isi dan teknik penyajian suatu laporan hasil pengamatan/kunjungan

PPKN :Mengenal  nilai kejujuran dan sopan santun dalam kehidupan sehari-hari

Matematika : Menyelesaikan masalah yang melibatkan operasi hitung termasuk penggunaan akar dan pangkat.

  1. C.      Tahap Pelaksanaan
  2. 1.      Tujuan pemebelajaran
  • Siswa dapat menghitung luas suatu bangun
  • Siswa dapat menjelaskan cara parkir yang sopan
  • Siswa dapat menulis suatu laporan
  1. 2.      Rancangan Kegiatan
  • Menyiapkan buku pelajaran
  • Menyiapkan alat peraga berupa gambar-gambar yang berhubungan dengan tema (tempat parkir)
  • Membagi siswa menjadi beberapa kelompok (heterogen)
  • Diskusi kelompok
  • Masing-masing kelompok menyampaikan hasil diskusi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. 3.      Jalainan Konsep

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. D.      Pokok Bahasan  :
  • Bahasa Indonesia        : Menulis laporan dan menyampaikan hasil laporan
  • PPKN                          : Sopan Santun
  • Matematika                 : Operasi hitung
  1. E.       Metode  dan Model Pembelajaran :
  • Pendekatan : CTL
  • Metode : Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab, dan Penugasan.
  • Model : model INTEGRATED (keterpaduan)
  1. F.                 Media belajar :Buku  Bahasa Indonesia, PPKN dan Matematika SD Relevan Kelas VI
  2. G.                Tahap Pelaksanaa
    1. Pengelolaan Kelas
  • Membentuk kelompok
  • Mengatur tempat duduk
  • Menyiapkan media
  1. Kegiatan proses
  • Menanyakan kepada siswa pernahkah melihat tempat parkir.
  • Siswa menyebutkan bentuk-bentuk tempat parkir.
  • Siswa menyebutkan kendaraan yang parkir (pada gambar yang dibagikan).
  • Secara kelompok siswa menghitung luas bangun tempat parkir pada gambar (setiap gambar diberikan keterangan panjang, lebar, tinggi).
  • Siswa mendiskusikan bagaimana cara parkir yang sopan dan baik.
  • Siswa membaca dari buku tentang sopan-santun.
  • Siswa menulis laporan tentang tempat parkir.
  • Perwakilan setiap kelompok menyampaikan hasil diskusi ke depan kelas.
  • Kelompok lain memberikan pendapat dan tanggapan tentang diskusi.
  • Siswa bersama guru merangkum hasil diskusi.

 

  1. I.             Tahap Kulminasi
    1. 1.      Evaluasi Proses (Observasi)

Ranah afektif

No

Nama Siswa

Indikator

Sikap saat diskusi

Kesungguhan dalam mengikuti pelajaran

BS B C K SK BS B C K SK
                       
                       

 

Ranah Psikomotor

No

Nama Siswa

Indikator

Keterampilan memanfaatkan gambar Keterampilan menyampaikan hasil diskusi Keterampilan menyusun laporan
BS B C K SK BS B C K SK BS B C K SK
                                 

 

KETERANGAN:

BS : Baik Sekali              C         : Cukup           SK : Sangat Kurang

B  : Baik                          K         : Kurang

  1. 2.      Evaluasi Hasil

Soal

  1. Coba sebutkan dan jelaskan cara parkir yang baik!
  2. Sebuah parkir dengan luas alas 770 m2  yang tingginya 2,2 m. berapa cm-kahpanjang alas parkir tesebut?

Penilaian

Nomor soal

Skor

1

25

2

75

Total skor

100

LEMBAR KERJA SISWA

(LKS)

Nama anggota :

 

Kelompok :

Diskusikan dengan teman kelompok!

kelompok 1

  • Jelaskan caraparkir yang baik!

kelompok 2

  • Hitunglah, Sebuah parkir dengan luas alas  yang tingginya 2,2 m. berapa cm-kahpanjang alas parkir tesebut?

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Mengetahui :

 

Kepala Sekolah

 

 

 

(                                           )

  Makassar,

 

 

 

Guru Mata Pelajaran

 

 

 

(                                          )

Nip :                                                                                                    Nip :

# download di sini :  RPP Model Pembelajaran

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s